2017/02/27

12+ Gambar Model Baju Jumputan Terbaru 2017

Pernahkah mendengar kain jumputan? Kata jumputan dalam bahasa jawa berarti memungut atau bisa berarti mengambil sesuatu dengan lima ujung jari tangan. Cara pembuatanya yaitu dengan mengikat kencang di beberapa bagian kain yang kemudian dicelupkan kedalam pewarna. Atau ada juga yang menyebutnya ikat celup. Jika dilihat dari pemubatannya yang sederhana, namun ternyata hasilnya tidak kalah bagus dengan kain yang lain.

Selain di Jawa, ternyata masyarakat Palembang pun juga mengenal tekhnik jumputan ini, yang lebih dikenal dengan kain pelangi. Di Palembang sendiri, kain ini adalah kerajinan tenun yang dibuat dengan ikat dan celup (tie and due) atau teknik jumputan dalam menghasilkan motif dan warna tertentu dari bahan dasar yang berwarna  putih polos yang kemudian di bentuk menjadi model baju jumputan.

model baju jumputan 2017
model baju jumputan 2017

Sebenarnya, istilah tie and dye adalah teknik yang digunakan untuk menyebut proses pewarnaan dan membuat motif pada kain. Tapi di Indonesia istilah tie and dye jarang dipakai. Hal ini dikarenakan dalam masyarakat Indonesia lebih cenderung menamai kain dengan teknik yang sesuai dengan istilah dalam berbagai daerah di Indonesia. Contohnya, masyarakat Palembang menyebutnya dengan nama Pelangi. Sedangkan masyarakat Banjarmasin menyebutnya Sasirangan. Namun, Secara umum di Indonesia kain ini lebih dikenal dengan nama kain jumputan atau ikat.
contoh model baju jumputan bali
contoh model baju jumputan bali

gambar model baju jumputan
gambar model baju jumputan

model baju batik jumputan
model baju batik jumputan

Seiring dengan perkembangan fashion di Indonesia, model baju jumputan juga semakin berkembang. Sedangkan pelopor baju dari kain jumputan Indonesia ini adalah Ghea Panggabean dan Carmanita. Hingga saat ini mereka tetap konsisten dalam mempertahankan teknik jumputan ini sebagai keistimewaan koleksi mereka.
model baju batik jumputan solo
model baju batik jumputan solo

model baju gamis jumputan
model baju gamis jumputan

model baju jumputan dian pelangi
model baju jumputan dian pelangi

Kain jumputan seringkali ditemukan dalam bentuk daster, kebaya, mukena, dan kaos oblong. Namun saat ini model baju jumputan semakin beragam dan dapat dipakai dalam berbagai macam kebutuhan. Contoh Model Baju Jumputan adalah daster yang biasanya sering dipakai ibu-ibu rumah tangga. Kini modelnya pun semakin beragam dan stylish dengan warna yang menarik. Jenis baju casual yang terbuat dari kain jumputan lainnya adalah kaos oblong. Kaos oblong ini berwarna-warni yang sering kita temukan di berbagai tempat wisata di Yogyakarta, Solo, bahkan Bali. Model baju jumputan juga bisa dipakai untuk keperluan formal seperti untuk keperluan bekerja, acara pernikahan, dan bahkan pesta.
model baju jumputan modern
model baju jumputan modern

model baju jumputan palembang
model baju jumputan palembang

model baju kain jumputan
model baju kain jumputan

Dimasa sekarang ini bahkan ternyata kain jumputan ini dapat digunakan untuk pembuatan gamis. Gamis ini juga dapat dibuat modis dengan mengadopsi desain modern seperti gamis bergaya maxi dress Umbrella yang mempunyai ciri lebar pada bagian bawah. Sebagai baju muslim, tentu harus sesuai dengan  ketentuan berpakaian dalam Agama.
model baju kebaya jumputan
model baju kebaya jumputan

model baju motif jumputan
model baju motif jumputan

Model Baju Jumputan yang makin beragam dan modis tentu dapat menjadi pilihan tetap bergaya sekaligus melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia yang begitu beragam. Bagi anda wanita muslim, sudahkan mempunyai baju jubah?.. baju jubah saat ini sedang naik daun dan populer di kalangan masyarakat. Coba lihat contoh gambar model baju jubah terbaru tahun ini.

12+ Gambar Model Baju Jumputan Terbaru 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown